-->

Penyebaran Ikan Lele

Ikan lele banyak ditemukan di Benua Afrika dan Asia Tenggara. Komoditi perikanan ini terdapat di perairan umum yang berair tawar. Penyebaran lele di Asia, yaitu di Indonesia, Thailand, Filipina, dan Cina.

Di beberapa negara, khususnya di Asia ikan lele telah diternakkan dan dipelihara di kolam, seperti Indonesia, Thailan, Vietnam, Malaysia, Laos, Filipina, Kamboja, Birma, dan India.
Di negara Indonesia ikan lele di temukan secara alami di Kepulauan Sunda Besar maupun Sunda kecil.

Penyebutan ikan lele di berbagai negara berbeda-beda, ada yang dikenal dengan sebutan keli (Malaysia), plamond (Thailand), ca tre trang (Jepang), gura magura (Sri Langka), dan cat fish (Inggris).

Di berbagai daerah yang berada di negara Indonesia, lele disebut dengan ikan keli atau keling (Makasar Pulau Sulawesi), ikan lele (Pulau Jawa), ikan pintet (Kalimantan), dan ikan kalang (Sumatra).

Dalam perdagangan internasional nama ikan lele di kenal dengan sebutan catfish. Mengapa di sebut catfish ? karena ikan ini mempunyai kumis seperti kucing, sebenarnya nama catfish tidak berlaku untuk ikan lele saja, tetapi berlaku juga bagi ukan jenis lain yang mempunyai kumis, seperti ikan patin dan baung.
Kami ingatkan pada tulisan sebelumnya kami sudah mengulas tentang mengenal klasifikasi ikan lele simak terlebih dahulu supaya anda bisa lebih yakin untuk terjun di bidang ini.
No comments:
Punya pertanyaan saran, kritik, ide atau kontribusi lainnya? Silahkan bubuhkan di kolom komentar yang kami sediakan.